lurah Beji pak Ardani sedang memberikan sambutan

lurah Beji pak Ardani sedang memberikan sambutan

Oleh : Dudung Badrujaman*

Ceria…, ya satu kata yang ketika kita mendengarnya saja sudah ikut ceria. Menurut kamus besar bahasa indonesia : ceria adalah : bersih, suci, murni, berseri-seri (yang berkaitan dengan air muka atau wajah). Begitulah gambaran suasana di aula kelurahan Beji, kecamatan Beji, Kota Depok pada acara silaturahim tim Exhouse Prudential Institut Kemandirian Dompet Dhuafa senin 2 September 2013, acara ini juga sebagai ajang sosialisasi dan rekruitment calon peserta pelatihan Tata Boga dan Teknisi Handphone yang akan dilaksanakan bulan september ini.

para peserta (kader PKK kel Beji sedang mendengarkan penjelasan mbk Rodianauli Pane)

para peserta (kader PKK kel Beji sedang mendengarkan penjelasan mbk Rodianauli Pane)

Hadir dalam acara tersebut Lurah Kelurahan Beji Bpk Ardani, Ketua PKK Kelurahan Beji Ibu Popon, ibu ibu kader PKK dan calon peserta Pelatihan. Sementara dari pihak Institut Kemandirian (IK) hadir Mbk. Rodianauli Pane, S.Sos (SPV. Diklat Exhouse dan Pendampingan), Arief Rachman, S.KG (Project Officer Program Prudential), Dudung Badrujaman, S.Pd (pendamping diklat Depok, Bogor, Jakarta), Teguh Asgara Sitepu, SIP (Rekruitment Exhouse), Entin Supriatin, S.Hum (Pendamping Diklat Bekasi, Tangerang).

mbk Dian sedang memaparkan rencana program

mbk Dian sedang memaparkan rencana program

Acara diawali dengan perkenalan dari pihak Institut Kemandirian Dompet Dhuafa oleh Dudung Badrujaman, selanjutnya sambutan dari lurah Beji (Bpk ardani), dalam sambutannya beliau mengucapkan terimakasih kepada Tim dari Institut Kemandirian Dompet Dhuafa yang telah hadir di kelurahan beji dan beliau sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini, serta berharap agar kegiatan ini semakin berkembang dan memberdayakan masyarakat Beji terutama golongan pengangguran dan Dhuafa. Selanjutnya beliau juga meminta maaf apabila dalam penyambutan ini kurang maksimal.  Setelah sambutan dari pak lurah acara dilanjutkan dengan sambutan dari bu lurah yang sekaligus sebagai ketua Tim penggerak PKK Kelurahan Beji. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terimakasih dan sekaligus memperkenalkan para kader PKK Kelurahan Beji yang nanti akan bergerak sebagai agen untuk mengumpulkan para calon penerima manfaat program yang lain di wilayahnya. Berikutnya sambutan dan sekaligus sosialisasi program dari SPV Program Exhouse IK. Dalam sambutannya mbk dian menjelaskan gambaran program yang akan dilaksanakan di kelurahan Beji ini, sekaligus jumlah dan kriteria calon penerima manfaat yang akan direkrut.

DSCN0596

Sambutan ini juga sekaligus forum diskusi dengan peserta yang ada untuk menyampaikan pertanyaan dan masukan terkait program yang akan dilaksanakan baik waktu maupun materi kegiatan (khusus tata boga). dalam sesi tersebut tim dari IK mengkesplorasi ide ide tentang menu tata boga yang diinginkan berdasarkan kearifan lokal dan peluang untuk dikembangkan di dunia usaha, sehingga muncullah 10 jenis makanan dan 5 jenis minuman. Karena waktu yang tidak memungkinan untuk dilaksanakan semua masukan mereka, di pilihlah 3 jenis makanan dan 3 jenis minuman dengan cara voting sehingga dihasilkan Ayam Bakar, Mie Ayam Jamur, dan Siomay untuk makanan serta Bir Pletok, Es Pisang Ijo dan Eskrim untuk minuman. Setelah disepakati jenis makanan yang diinginkan selanjutnya mereka menyepakati waktu pelatihan yang akan dilaksanakan minggu ke dua bulan september. Dalam diskusi yang cukup lama ini nampak keakraban dari tim IK dan PKK sehingga kadang candaan candaan ibu PKK membuat kami tertawa terpingkal pingkal.

DSCN0592

Adzan Ashar berkumandang, hal ini sekaligus mengakhiri pertemuan kami dengan mitra di kelurahan Beji ini. Walau masih rindu dengan keceriaan mereka, tapi kami harus kembali. Masih banyak pekerjaan yang harus kami selesaikan di tempat lain. Pertemuan lanjutan akan kita laksanakan senin petang tgl 9 September 2013 di rumah bu lurah dengan agenda wawancara dengan remaja calon peserta HP Beji.

 

 *) Pendamping Diklat Exhouse Prudential

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit