InstitutKemandirian.Com-Pagi itu di halaman Asrama Wakayapa Institut Kemandirian, tampak ada kesibukan yang berbeda dari hari-hari biasanya. Pagi itu, warga asrama sudah bersiap-siap menunggu datangnya angkot di depan asrama. Rupanya hari itu ada kegiatan Aksi Kepahlawanan Sosial yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa.

Tanggal 10 November adalah Hari Pahlawan yang diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia untuk mengenang perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan Negara ini. Dompet Dhuafa beserta seluruh jejaringnya juga mengadakan acara peringatan Hari Pahlawan dengan mengadakan Aksi social dengan memunguti sampah. Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 November 2012 bertempat di Stadiun Lebak Bulus.

Acara dimulai pukul 08.00 dengan peringatan ceremonial. Pada kesempatan itu, hadir Bapak Ismail A Said selaku Presiden Direktur Dompet Dhuafa memberikan sambutan terkait peringatan Hari Pahlawan ini. Beliau mengatakan, bahwa seluruh rakyat Indonesia sudah seharusnya mengenang jasa para pahlawan dan mengisi kemerdekaan ini dengan kegiatan-kegiatan yang positif diantaranya dengan mengadakan aksi social memungut sampah. Tujuannya mengajak masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan sekitar sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan nyaman. Tindakan kecil ini diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi segenap warga Jakarta khususnya dan seluruh rakyat Indonesia pada umumnya.

Selanjutnya, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang akan disebar ke beberapa titik mulai dari stadion lebak bulus dan berakhir sampai kantor pusat Dompet Dhuafa di Ciputat. Kegiatan aksi social memungut sampah ini diikuti oleh seluruh jejaring Dompet Dhuafa, salah satunya adalah Institut Kemandirian. Institut Kemandirian mengirimkan peserta sebanyak 50 orang terdiri dari manajemen, instruktur dan peserta pelatihan IK. Meskipun lelah memungut sampah di sepanjang jalan, namun para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Pasalnya, kegiatan ini selain bertujuan membantu masyarakat membersihkan lingkungan juga sebagai sarana refreshing di sela-sela rutinitas kantor.

Demikian sekilas gambaran kegiatan aksi social ini. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa terus berlanjut dan lebih ditingkatkan lagi untuk tahun-tahun berikutnya. (mul-IK)

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit