taklukkan-tantangan

“ Sesulit dan sejauh apapun perjalanan hidup kita, mari kita tempuh bersama Alloh”

Coba bayangkan kita berada ditengah rombongan manusia yang memiliki keinginan dan keputusan yang sama yaitu berpindah ke sebuah tempat yang berjarak lebih dari 700 km dari tempat tinggal kita. Apa yang paling kita butuhkan agar dapat menempuh jarak sejauh itu?

Suhu udara pada saat itu sangat dingin, dibawah minus 10 derajat celcius, tentunya sangat dingin. Kita harus segera berpindah ke tempat yang baru. Apa yang paling kita butuhkan agar optimis bisa melampaui perjalanan yang akan kita lewati?

Apa yang paling kita inginkan jika saat itu perjalanan harus kita tempuh dengan berjalan kaki? Ada kendaraan tetapi hanya gerobak dorong itupun harus bergantian dengan rombongan yang lain. Dan ada wilayah yang kita lewati terdampak banjir, sulit untuk dilalui bahkan harus berenang melawan derasnya arus air.

Apa yang paling kita inginkan agar bisa menjaga keselamatan, sebab selain udara yang dingin, perjalanan yang jauh, banjir yang menghadang, kita masih akan menjadi incaran para perampok yang hendak mengambil harta dan menghabisi nyawa kita? Jika kita menyerah terhadap kondisi tersebut tujuan mulia akan gagal.

Yang sangat kita butuhkan adalah pikiran, perasaan, hati dan jiwa yang kuat, bertenaga, tegar serta memiliki daya tahan tinggi untuk sanggup menghadapi dan melampaui semua kesulitan yang sangat membahayakan tersebut.

Dalam pikiran kita harus ada perhitungan. Semua ancaman itu merupakan perkara kecil dibandingkan dengan kehormatan ketika sampai ditempat tujuan. Kehidupan suci yang akan kita bangun di tempat baru tersebut memberikan kemanfaatan besar terhadap kehidupan kita dan generasi selanjutnya.

Dalam perasaan kita memerlukan ketenangan, keterlingdungan, keterjaminan dan keamanan yang kita peroleh dari Yang Maha Memelihara dan Maha Menjaga Kehidupan yaitu Alloh. Karena kita kita berpindah tersebut atas dasar kebenaran-Nya.

Dalam hati memerlukan kepasrahan. Kepasrahan yang dibarengi dengan penyerahan total kepada Yang Maha Mengatur Segala Urusan Kehidupan. Itu dikarenakan kita menghadapi beragam ancaman dan tantangan  hidup yang sudah jauh melampui kesanggupan untuk mengatasinya. Sementara kita sudah yakin bahwa tujuan kita pergi karena keyakinan, rindu dan cinta kita kepada Alloh.

Dan kita memerlukan ikatan penghubung bagi jiwa dan ruh kita dengan Sang Pencipta Kehidupan. Hal itu kita butuhkan agar nyali keberanian, dan energy ketegaran serta ketangguhan kita tidak terkuras habis pada saat perjalanan sampai pada tujuan kita.

Berpindah dari satu tempat ke tempat lain yang lebih baik membutuhkan pengorbanan. Untuk menuju kesuksesan kita membutuhkan pikiran, perasaan, hati dan jiwa yang kuat. Kita harus bersiap dengan berbagai tantangan yang akan kita lalui apapun itu bentuknya. Besar kecilnya tantangan tersebut menjadikan kita lebih tegar dalam hidup. Kita bisa menaiki derajat yang lebih tinggi.

Ketika tantangan dalam kehidupan datang, kita harus bisa membangun serta meningkatkan daya tahan spiritual-emosional kita sehingga tantangan itu berhasil kita temukan jalan keluarnya. Kita harus bisa membuka pikiran kita untuk mau mempelajari pengalaman hidup sebelumnya dalam mengatasi kesulitan.

Kisah nyata dalam menghadapi kesulitan hidup serta menemukan jalan keluar adalah “emas” bagi kita. Ia akan menjadikan kita dapat mendobrak ketidakmungkinan mencari solusi atas beragam permasalahan yang akan kita hadapi.

Jika membangun dan meningkatkan kekuatan spiritual dapat menyediakan lebih banyak energi untuk melanjutkan hidup dengan berbagai tantangan maka membuka pikiran untuk mempelajari hidup ini dapat memberi kepastian pada kita bahwa selalu ada contoh nyata dalam menyelesaikan berbagai kesulitan hidup. Selamat menikmati segala tantangan kehidupan dan jangan lupa juga untuk selalu menerima saran dan masukan yang dapat membantu kita mencapai tujuan.