“Jadikan saya, dan rekan-rekan di Kemenegpora sebagai ‘gardu listrik’ yang siap mengalirkan semangat untuk perubahan cara hidup adik-adik”

Sepenggal kata dari Imam Gunawan -Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda- tersebut menjadi pemacu teman-teman Pemuda Mandiri untuk terus berkarya. Perubahan dari kehidupan jalanan yang dipandang sebelah mata oleh banyak orang tidaklah mudah, sehingga berbagai upaya terus dilakukan pemerintah, dalam hal ini Kemenegpora untuk bekerja sama dengan Institut Kemandirian Dompet Dhuafa. Agenda closing program, pemandirian dan buka bersama (Rabu, 8/8) ini dihadiri dua komunitas dari 5 komunitas anak jalanan yang menjadi binaan IK.

Institut Kemandirian dengan Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga bekerja sama dalam pelaksanaan program yang bertujuan untuk memandirikan anak jalanan. Dari 5 kelompok target binaan, 19 orang berhasil lulus sampai akhir program ini. Program ini melatih anak jalanan yang biasa mengamen di jalanan dengan keterampilan seperti pelatihan sablon, pelatihan teknisi hanphone dan pembuatan save net untuk menghemat gas.

Saat ini Pemuda Mandiri memasuki tahap inkubasi bisnis, dimana kegiatan usaha yang dijalankan akan terus dimonitor dan dibina. Beberapa spot binis yang dijalankan Pemuda Mandiri, antara lain konter handphone di Depok dan usaha sablon di Bekasi & Karawaci. Salah satu usaha sablon kini sudah beromzet 5 juta per bulan. Selain itu, salah satu binaan dari Sanggar Anak Matahari sudah bisa menulis buku perjalanan hidup yang dicetak oleh penerbit, juga menerbitkan album musik kedua mereka.

Seminar kewirausahaan di awal acara yang diisi oleh Zainal Abidin atau lebih dikenal dengan Jay Teroris menghipnotis semua peserta sehingga semangat untuk menjadi pengusaha sukses yang kaya raya serta gemar berbagi. Acara penutupan program ini diakhiri dengan buka bersama yang diiringi dengan penampilan puisi dan musik dari Sanggar Anak Matahari. Bapak Imam Gunawan selaku perwakilan dari Kemenegpora dan Ibu Nuk perwakilan dari Dompet Dhuafa sangat terharu dengan kemajuan hebat dari anak jalanan yang mau berubah kini menjadi PEMUDA MANDIRI.

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit