Institut Kemandirian Dompet Dhuafa

Institut Kemandirian Dompet Dhuafa bersama PT Prudential Life Insurance kembali melebarkan sayapnya ke arah barat ibu kota. Semangat mengentaskan kemiskinan dan pengangguran yang dikemas dalam Program Pemuda Tangguh menjadi pilihan untuk mengentaskan pengangguran di provinsi banten ini.

DSC_0151

Dalam pelaksanaanya IK Dompet Dhuafa bekerjasama dengan yayasan Rumah Yatim dan Dhuafa Hifzul Amanah (RYDHA) yang berkedudukan di Kp. Pasar Sore,  RT 06/02, Desa Banyu Asih, Kec. Mauk, Kab. Tangerang. IK Dompet Dhuafa-Prudential membuat beberapa program di tangerang ini diantaranya pelatihan Fashion& Desain, Teknisi HP, Tata Boga Tematik, dan Pelatihan IT dengan konsentrasi Desain grafis. Untuk bulan ini pelatihan yang dilaksanakan adalah Fashion dan Teknisi HP. Pelatihan Fashion dilaksanakan selama dua bulan dan teknisi HP akan dilaksanakan selama 3 minggu dengan target peserta total sebanyak 45 orang yang terdiri dari HP sebanyak 25 orang dan fashion 20 orang.

DSC_0129

Kegiatan diawali dengan tahap seleksi calon peserta sebagai cara untuk menguji sejauh mana pengetahuan awal mereka tentang jenis pelatihan yang akan diikuti, serta untuk menguji komitment, motivasi, harapan mereka pada sesi wawanacara. Kegiatan seleksi ini dilakukan 2 tahap, Kegiatan seleksi  tahap 1 di ikuti oleh 20 orang yang berasal dari calon peserta HP dan Fashion. Mereka sangat antusias mengikuti tahapan seleksi yang diawali dengan tes tulis dan wawancara. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 April 2013. Sementara seleksi tahap dua dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2013 dengan diikuti oleh 9 calon peserta dari dua jenis pelatihan yang berbeda. Sesi wawancara ini dilakukan oleh oleh tim Exhouse Prudential Institut Kemandirian yaitu Arief Rachman S,KG, Teguh Asgara Sitepu, SIP, dan Dudung Badrujaman, S.Pd.

Institut Kemandirian Dompet Dhuafa-DSC_0221

Pasca kegiatan wawancara ini akan diadakan pembukaan pelatihan yang akan dilaksanakan pada hari senin tanggal 6 mei 2013 di Aula Yayasan Rydha, Mauk, Tangerang, dan akan dihadiri oleh Tim dari Institut Kemandirian Dompet Dhuafa, Pengurus Yayasan Rydha, dan peserta pelatihan HP dan Fashion.

Profil calon peserta yang di wawancarai berasal dari berbagai latar belakang ekonomi dan sosial. Namun kesemuanya merupakan para pemuda yang tidak memiliki pekerjaan tetap atau masih menganggur dan memiliki kemauan untuk merubah keadaan hidupnya menjadi lebih baik. Cita-cita kemandirian yang di wujudkan dengan bentuk program pemuda tangguh seakan menjawab harapan mereka para perindu kemandirian untuk merubah diri bermetamorfosa menjadi pribadi tangguh yang siap berwirausaha.

 

Oleh : Dudung Badrujaman

Pendamping Program ExHouse Prudential

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit