Untitled-1 http://institutkemandirian.org

Sukabumi, Juni 2013. Pengrusakan bukit-bukit kapur yang terus menerus dilakukan kapitalis besar mengakibatkan petani di daerah sekitarnya hanya dapat memanen sawahnya sekali dalam setahun. Kondisi petani ditambah dengan keterbatasan pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki semakin terjerat dalam kemiskinan.

Perubahan kondisi alam, keterbatasan pengetahuan dan keterampilan yang mengakibatkan tingginya tingkat kemiskinan tentunya berakibat pada tingginya tingkat pencurian di Desa Bojong Kaler Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Pemuda desa yang jadi harapan penerus pembangunan Desa Bojong, pupus karena banyak yang tidak mengenyam pendidikan yang cukup dan berakibat pada tingginya tingkat pengangguran di daerah tersebut. Selain itu, pengaruh negatif informasi yang dijejali dunia televisi menina bobokan mereka ke dunia khayalan yang hidup enak secara instant. Sedikit sekali dari mereka yang mau meneruskan usaha orang tuanya untuk membangun ekonomi di sektor pertanian di daerah tersebut.

Untitled-2

Pengaruh kemiskinan tidak hanya berpengaruh pada pola pikir mereka terhadap budaya, akan tetapi yang terjadi banyak pula yang berubah pandangan mengenai prinsip yang mendasar terhadap keimanan mereka. Sungguh benar Rasulullah s.a.w. mengajarkan kita untuk berlindung dari kefakiran dan kekufuran, karena sungguh kefakiran mendekatkan manusia pada kekafiran.

Untitled-3
Memperhatikan kondisi tersebut, dengan membawa semangat gelombang ekonomi zakat, siswa-siswa Institut Kemandirian turun langsung Desa Bojong Kaler Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi . Misinya adalah penguatan ketarampilan dan ekonomi umat Islam di Desa Bojong ini, dengan konsep memberi teladan ketaqwaan dan kemandirian, siswa-siswa Institut Kemandirian menggelar Bakti Sosial berupa Bazaar pakaian, service handphone dan sepeda motor gratis, serta pelayanan salon muslimah gratis.

Untitled-5 Untitled-4

Lokasi kegiatan di Pondok Pesantren Al-Furqan, Desa Bojong, Cikembar, Sukabumi. Rangkaian kegiatan Bakti Sosial ini ramai dikunjungi masyarakat sekitar. Di hari pertama, sudah setengah juta rupiah berhasil dikumpulkan dari bazaar pakaian. Pelayanan service sepeda motor pun semakin ramai dikunjungi setelah pelaksanaan sholat Jumat, dalam dua hari pelaksanaan Bakti Sosial ini tidak kurang dari 30 motor berhasil diservice oleh delapan orang teknisi peserta pelatihan service sepeda motor Institut Kemandirian.

Untitled-6

Pelayanan salon muslimah berupa pelayanan facial, totok wajah, menicure dan pedicure begitu ramai dikunjungi muslimah-muslimah di sana, bahkan anak-anak dan ibu-ibu setengah baya pun mengunjugi pelayanan ini untuk mendapatkan perawatan spesial dari siswi-siswi pelatihan salon muslimah ini. Dalam dua hari pelaksanaan ratusan muslimah telah mendapatkan pelayanan salon muslimah dari enam orang siswi-siswa Institut Kemandirian ini.

Untitled-7

Sementara itu di depan masjid Pondok Pesantren Al-Furqan, pelayanan service handphone menjadi sasaran paling banyak masyarakat di sini, tak tanggung-tanggung banyak dari masyarakat ini membawa lebih dari satu HP, karena sebelum berangkat ke tempat bakti sosial ini mereka sudah dititipi HP rusak oleh anggota keluarga mereka lainnya serta tetangga dan kawan-kawannya. Hari pertama sudah ratusan HP masuk untuk diservice oleh siswa-siswa Institut kemandirian angkatan Juni 2013 ini.

Untitled-8

Keteladanan yang diberikan siswa-siswa Institut Kemandirian tidak hanya berbuah respon masyarakat yang begitu besar terhadap kegiatan bakti sosial ini untuk menerima berbagai pelayanan yang diberikan para siswa-siswa Institut Kemandirian, tapi banyak dari mereka yang juga mendaftarkan diri atau mendaftarkan anggota keluarganya untuk mengikuti pelatihan keterampilan yang dilaksanakan Institut Kemandirian di Karawaci, Tangerang.
Harapan besar siswa-siswa agar kemandirian dan kuatnya perekonomian masayarakat di sini tumbuh besar sehingga semakin kokoh pula Iman Islam di hati mereka.

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit