Institut Kemandirian Dompet dhuafa

Institut Kemandirian Dompet dhuafa

Institutkemandirian.org-Tangerang, 29 Maret 2013. Di halaman gedung Wakayapa Institut Kemandirian Tim Diklat  sudah siap berangkat menuju Kantor Kecamatan Mauk Tangerang Banten. Sebelumnya tim pendahulu sudah berangkat untuk mempersiapkan acara On The Job Training (OJT) pelatihan handphone, IT dan fashion sekaligus persiapan penandatanganan MOU kerjasama program antara Institut Kemandirian Dompet Dhuafa dengan Yayasan Yatim Rydha Kecamatan Mauk Tangerang. OJT akan berlangsung selama 2 hari 29 s.d 30 Maret 2013.

Institut Kemandirian Dompet dhuafa

Institut Kemandirian Dompet dhuafa

Acara  dimulai pukul 09.00 wib. diawali sambutan dari Pembina Yayasan Yatim Rydha Bapak Abdul Aziz Hadi yang merupakan asli putera daerah yang berprestasi. Beliau setelah lulus SLTA melanjutkan ke STAN Jakarta dan sekarang bekerja di Sekretariat Jendral Departemen Keuangan RI. Kisah hidup Pak Aziz mengispirasi beliau untuk membangun sebuah yayasan sosial khususnya yang konsen dalam mengelola  anak yatim. Dalam sambutannya, Pak Aziz memberikan penjelasan tentang logo Yayasan Rydha yang berbentuk air, banyak hal yang bermakna dari filosopi air yang merupakan nafas dari tujuan dibentuknya Yayasan Yatim Rydha.

Institut Kemandirian Dompet dhuafa

Institut Kemandirian Dompet dhuafa

Sambutan kedua dari Menejer Program Institut Kemandirian, Mas Verry Aria Firmansyah, dalam sambutannya beliau menyambut baik kerjasama dengan Yayasan Yatim Rydha. Banyak hal yang bisa dikerjakan dalam kerjasama program untuk mengentaskan pengangguran dan kemiskinan. Beberapa pelatihan yang dilakukan Institut Kemandiran telah menghasilkan lulusan yang berhasil menjadi pengusaha, bahkan baru 9 bulan lulus dari pelatihan handphone sudah ada yang berhasil membangun usaha 2 konter dengan penghasilan bersih (saving) 2,5 s.d 3 juta per  bulan. Oleh karena itu Institut Kemandirian menyambut baik kerjasama program untuk sama-sama mengentaskan pengangguran dan kemiskinan di Indonesia umumnya dan khususnya di Kecamatan Mauk Tangerang.

Institut Kemandirian Dompet dhuafa

Institut Kemandirian Dompet dhuafa

Sambutan terakhir dari Camat Mauk Pak HM. Nawawi, beliau sangat berterimakasih kepada Pak Aziz sebagai putera daerah yang berprestasi dan peduli terhadap tanah kelahirannya terutama dalam kepeduliannya terhadap yatim dan pendidikan masyarakat mauk dengan program beasiswa The Best yang digulirkan Yayasan Ridha. Pak Nawawi mendukung kerjasama Institut Kemandirian dengan Yayasan Yatim Rydha dalam upaya mengentaskan kemiskinan dan pengangguran khususnya di Kecamatan Mauk Tangerang. Dukungan beliau dibuktikan dengan ikut menandatangani MOU kerjasama program IK dan Yayasan Rydha.

Institut Kemandirian Dompet dhuafa

Institut Kemandirian Dompet dhuafa

Pada kesempatan yang sama , setelah penandatanganan MOU , Pak Camat secara resmi membuka acara on the job training (OJT) peserta pelatihan handphone, IT, dan fashion Institut Kemandirian Dompet Dhuafa . Sebelumnya peserta pelatihan teknisi sepeda motor akan ikut bergabung juga di acara OJT di Kecamatan Mauk Tangerang. Berhubung ada sesuatu hal yang harus dikerjakan tim otomotif Institut Kemandirian maka keikutsertaan peserta pelatihan teknisi sepeda motor dibatalkan . Dalam acara OJT  peserta pelatihan handphone berhasil memberikan pelayanan servis hanphone gratis sebanyak 50 handphone. Sedangkan peserta pelatihan IT  lebih memberikan pelayanan konsultasi pembuatan design grafis dengan menggunakan fasilitas komputer.

Institut Kemandirian Dompet dhuafa

Institut Kemandirian Dompet dhuafa

 

Berbeda dengan pelatihan lainnya, peserta pelatihan fashion dan design dalam kegiatan OJT melakukan penjualan  hasil karyanya selama pelatihan dengan harga terjangkau. Kegiatan OJT peserta pelatihan Institut Kemandirian menguatkan mental peserta untuk lebih percaya diri dan sebagai ajang pembuktian kemampuan teknis (Kompetensi) setelah mengikuti pelatihan. Pendidikan dan pelatihan Institut Kemandirian merupakan upaya untuk mengentaskan pengangguruan dan kemiskinan yang merupakan masalah besar bangsa ini. Untuk memperbanyak penerima manfaat program, Institut Kemandirian menjalin kerjasama dengan Yayasan Sosial atau Lembaga Pemerintah yang konsen dalam permaslahan sosial, seperti kerjasama yang terjalin antara Institut Kemandirian dengan Yayasan Yatim Rydha untuk bekerjasama dalam mengentaskan pengangguran dan kemiskinan di Kecamatan Mauk Tangerang.

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit