institut-kemandirian-dompet-dhuafa

“Faidza farogta fanshob”  (maka apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain). (QS. As-Syarh: 7)

Sebuah ayat di dalam Al-Qur’an surah As Syarh ini seakan menjadi  gambaran apa yang di lakukan Institut Kemandirian Dompet Dhuafa yang bekerjasama dengan Prudential.  Setelah selesai melaksanakan pelatihan keterampilan teknisi handphone dan tataboga di Bogor. Minggu ini IK Dompet Dhuafa merambah jakarta. Hal tersebut ditandai dengan dibuka-nya pelatihan teknisi handphone Jakarta yang dilaksanakan di Aula Yayasan Al-Asykar, Otista, Jakarta Timur, pada hari jum’at tanggal 8 Maret 2013, jam 09.30 wib.

DSC_0450_2

Acara di awali dengan pembukaan oleh MC (dudung badrujaman) dan dilanjutkan dengan pembacaan surah al-fatihah secara bersama-sama untuk menambah keberkahan acara. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Yayasan Al-Asykar oleh ustad Abdullah. Dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh Institut Kemandirian Dompet Dhuafa  dan Prudential ini sebagai bentuk kepedulian akan kondisi pengangguran produktif di daerah jakarta. Beliau juga menyampaikan sejarah terbentuknya masjid Abubakar yang merupakan cikal bakal yayasan Al-Asykar dan sekaligus sebagai sekretariat yayasan. “masjid ini adalah wakaf, dibangun karena keprihatinan tidak ada mesjid di samping jalan di jalan otista ini, sementara klo ingin solat harus masuk ke gang kecil di dalam” tutur ust Abdullah. Bangunan yang terdiri dari lima lantai ini memiliki fungsi yang bermacam-macam. Dilantai pertama dan kedua di gunakan untuk sholat (mesjid). Lantai tiga adalah aula, lantai empat dan lima di peruntukan bagi kantor yang disewakan nantinya.” Di lantai empat dan lima gedung ini akan di sewakan untuk perkantoran, hasilnya nanti digunakan untuk operasional yayasan dan mesjid” tambah ust Abdullah. Di akhir sambutannya beliau juga sampaikan pesan kepada calon  peserta pelatihan agar nantinya (ketika pelatihan sudah berjalan) dikondisikan untuk mengikuti sholat berjamaah bersama di mesjid. Sambutan kedua dari Institut Kemandirian Dompet Dhuafa yang disampaikan oleh mbk Rodianauli Pane, S.Sos. dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak yayasan yang telah memberikan fasilitas tempat untuk pelatihan dan kepada peserta pelatihan agar bersungguh sungguh mengikuti kegiatan sampai akhir.

DSC_0451_2

Setelah acara sambutan-sambutan usai, maka giliran instruktur mengambil peran. Mas Yulianto sebagai Instruktur peltihan Teknisi Handphone wilayah jakarta, menyampaikan gambaran kegiatan yang nantinya akan di laksanakan oleh peserta dari hari pertama sampai hari terakhir. Dalam sesi ini, peserta dipersilahkan untuk bertanya hal –hal yang belum  difahami.

Sebelum rangkaian acara pembukaan diakhiri diadakan acara perkenalan dan penyampaian harapan masing-masing dengan mengikuti pelatihan ini. Berbagai paparan dan harapan dari peserta tersampaikan ada yang ingin belajar untuk peningkatan skill pribadi, membuka usaha servis HP, sampai ada seorang peserta yang menyampaikan visi nya untuk memberikan manfaat untuk orang lain di sekitar tempat tinggalnya, agar keterampilan mereka terasah dan bisa mandiri. Ada yang unik dalam pelatihan Servis Handphone  Jakarta ini. Jika peserta di Bogor cenderung homogen, maka para calon peserta di Jakarta sangat heterogen melihat dari segi usia, jenis kelamin, dan latar belakang etnis. Jika di Bogor peserta pelatihan HP semuanya laki-laki, maka di jakarta perempuan pun ikut pelatihan teknisi HP, bahkan beberapa orang dari peserta jakarta adalah para mu’alaf etnis tionghoa yang diberdayakan oleh komunitas mualaf untuk mengikuti pelatihan ini. Agar mereka memiliki keterampilan untuk berwirausaha dan bisa mandiri secara finansial.

Acara pembukaan ini sebagai langkah awal dalam melaksanakan pelatihan Teknisi Handphone yang sedianya akan dilaksanakan mulai tanggal 11 maret 2013, dengan durasi waktu selama 15 hari, lima hari setiap minggu (senin- jum’at) dan 6 jam setiap harinya.

IK Merambah Jakarta

Oleh: Dudung Badrujaman Pendamping Program Exhouse Prudential

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit