institut-kemandirian3

Oleh : Arie S. Syahputra, Staf Pendampingan di Institut Kemandirian Domet Dhuafa

             Mereka tidak sempurna secara fisik seperti kita tapi hak mereka dalam hidup ini tetaplah sama dengan warga negara lainnya. Mereka juga patut mendapatkan akses pendidikan yang setara dan berkualitas. Mendapatkan kesempatan berkarir, berbisnis dan menggunakan moda transportasi yang sama tentunya dengan menyediakan fasilitas yang memudahkan mereka naik turun, berjalan dan lain-lain. Termasuk juga hak politik seperti kehadiran mereka dalam membuat produk legislatif di negeri ini yang menyangkut hajat hidup mereka. Sayangnya, masih saja di negeri ini mereka dimarginalkan. Seperti tidak dianggap. Dan parahnya dijadikan “bahan” janji-janji para politikus atau lembaga-lembaga lannya yang tidak bertanggungjawab dengan memanfaatkan ketidakberdayaan mereka.

institut-kemandirian-23

Di satu sisi, banyak juga dari mereka yang berhasil membuktikan pada kita bahwa mereka juga bisa berprestasi, bahwa mereka juga bisa memberdayakan dan memandirikan orang lain. Dan mereka sampai kapan pun akan tetap berjuang ada atau tidaknya bantuan dari pemerintah.

 

Itulah sekelumit makna yang bisa saya dapatkan ketika mengikuti Seminar dan Workshop dengan tema : Partisipasi pemuda disabilitas dalam kebijakan dan Peran pemerintah dalam Pelaksanaan UNCRPD di Indonesia yang diselenggarakan oleh Yayasan Wisma Chesire pada tanggal 26 Januari 2013 bertempat di Pusat Studi Jepang Kampus UI Depok.institut-kemandirian4

Acara tersebut juga dihadiri oleh Risna dan Dede selaku Pengelola Rumah Produksi Kaki Palsu (RPKP). Selain berpartisipasi dalam acara, kami juga turut menyosialisasikan program-program life skills yang ada di Institut Kemandirian DD dan termasuk juga Rumah Produksi Kaki Palsu kepada para peserta dan tamu undangan. Caranya mudah, silahkan daftar ke www.institutkemandirian.org atau datang langsung ke alamat kami di Jln. Zaitun Raya Komplek Islamic Village, Karawaci Tangerang atau bisa telepon ke nomor : 085719349034 / 021-5463118.

institut-kemandirian

IK berharap semoga dengan adanya pendaftaran dari peserta seminar tersebut, mereka bisa mandiri dan memandirikan orang lain.

institut-kemandirian-2

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit