DSC_0346

institutkemandirian.org-Bogor,  8 /2/2013.-  Ide Kreatif Institut kemandirian Dompet Dhuafa kembali berwujud. Sebuah acara yang yang di namai “On The Job Training” terlaksana di depan ratusan pejabat dan tokoh masyarakat kabupaten Bogor di halaman pondok pesantren Nurul Huda Cijeruk sekaligus kediaman dari ketua MUI Cijeruk. Acara yang mengkolaborasikan dua jenis kegiatan yaitu Servis Handphone gratis dan pembagian kreasi makanan kelompok tataboga, sejak pertama kali di buka pada pukul 10.00 wib mengundang banyak pengunjung. Selain tokoh masyarakat yang sengaja menunggu kehadiran Bupati bogor, banyak juga masyarakat sekitar yang antusias datang dengan membawa berbagai jenis HP yang ingin di servis oleh anak-anak peserta pelatihan servis handphone.

DSC_0377

Di sudut lain stand Tata boga dipenui oleh ibu-ibu yang sedang menyiapkan menu untuk disajikan selepas shalat jum’at , yaitu mie ayam “Orlando” dan bajigur yang resep dan cara memasaknya sudah mereka pelajari di hari sebelumnya. Pada OJT kali ini tak tanggung-tanggung tim tata boga menyiapkan 200 porsi mie ayam dan bajigur yang akan dibagikan secara gratis kepada pengunjung stand. Namun walaupun gratis pengunjung harus rela antri mendaftar terlebih dahulu di meja pendaftaran untuk mendapatkan kupon yang nantinya bisa ditukar dengan mie ayam dan bajigur. Setelah pengunjung mencicipi makanan tesebut, pengunjung menuliskan berbagai komentar tentang makanan yang di cicipi di papan komentar yang disediakan di samping meja pendaftaran. Tak hanya masyarakat biasa yang ikut mencicipi. Para pejabat, tokoh masyarakatpun ikut mencicipi.

DSC_0395

Acara On the Job Training (OJT) ini sengaja dilakukan pada momentum pelaksanaan JUMLING (jum’a keliling) Bupati bogor yang kebetulan hari jum’at ini dilaksanakan di kecamatan cijeruk. Disaat pelaksanaan OJT hadir juga dari Diskominfo Kab bogor yang tertarik dengan program DD serta menawarkan kerjasama dalam publikasi di media lokal, serta membuka chanel kerjasama dengan pihak lain andaikata akan di laksanakan program yang sama di wilayah bogor yang lain.

OJT kali ini melibatkan 43 peserta yang terdiri dari 20 peserta HP dan 23 peserta Tataboga selain itu setiap kegiatan didampingi oleh instrukturnya. Servis handphone di dampingi oleh pak Jamal, dan tataboga di dampingi oleh pak Susi Darto. Selain itu juga dari manajemen IK nampak hadir Mbak Rodianauli Pane, S.Sos (SPV Program ExHouse), Pak Arief Rachman, S.KG (Project Oficer Program Prudential), Teguh Asgara, S.Sos (Staf rekruitment Exhouse), dan Dudung Badrujaman, S.Pd (pendamping Program wilayah Bogor Jakarta). Turut pula hadir dari Yayasan Rahmatan Lil’alamin yang merupakan yayasan mitra program di daerah cijeruk bogor, Bpk. H. Dedi.

OJT hari kedua dilaksanakan di halaman yayasan rahmatan li’alamin tanjakan barat, desa palasari, cijeruk. Hal ini dilaksanakan untuk megakomodir para pengunjung yang berada di daerah bogor selatan. Acara yang membuka stand di halaman mesjid yayasan rahmatan lil alamin ini mengundang banyak pengunjung yang servis ataupun yang hanya bertanya tentang program Institut kemandirian. Diantara pengunjung yang datang, ada wartawan MGS TV yang meliput acara OJT servis handphone ini. Sambil meliput aktivitas siswa OJT dia juga mewawancarai pendamping program tentang kegiatan dan tujuan kegiatan dilaksanakan.

DSC_0310

Sampai hari ke-2 sebanyak 70 HP rusak berhasil di perbaiki selain memperbaiki software institut kemandirian juga meberikan mengganti sparepart HP pengunjung secara Cuma-Cuma. Ucapan terimakasih pun mengalir bak mata air gunung salak yang jernih dan menyejukan, membuat semangat peserta semakin meningkat.

Diakhir OJT, pendamping mengumpulkan seluruh peserta dan memberikan pengarahan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan selanjutnya, yaitu magang sambil membagikan surat magang dan jurnal magang. Tak lupa instruktur pun memberikan arahan dan sharing pengalaman pribadi tentang magang kepada peserta. Dalam suasana kekeluargaan, timbul rasa keinginan untuk bangkit dari diri peserta untuk menggapai cita-cita yang sempat tertunda karena keterampilan yang tak kunjung ada. Tangerang, 10 februari 2013

Dudung Badrujaman Pendamping ExHouse Prudential

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit