FASILITAS

  1. Modul Pelatihan Kewirausahaan
  2. Konsultasi dan pendampingan wirausaha
  3. Barang-barang untuk praktik berjualan (mis: air mineral botolan)

TARGET PEMBELAJARAN

1. Perkenalan tentang Institut Kemandirian

2. Mentalitas

Bedah mental wirausahawan
Goal setting dan kekuatan keyakinan
Menghadapi dan memecahkan masalah
Muhasabah

3. Ketrampilan bisnis

Business plan dan praktek
Persaingan dan etika bisnis
Kreativitas dan peluang usaha
Keuangan UKM
Koperasi dan peluang permodalan usaha
Sales dan marketing
Pelayanan prima (service excellent)
Praktek pemasaran barang dan jasa

4. Success story

DURASI

1 MINGGU

METODE

  • Modul
  • Teori di kelas
  • Demo simulasi
  • Praktik

INSTRUKTUR

ZAENAL ABIDIN (materi: “Bedah mental wirausahawan”)
Bang Jay Teroris begitu biasa diakrabi. Dipanggil “teroris” karena selalu meneror murid-muridnya dengan pertanyaan-pertanyaan sengit, ‘Kapan mau usaha?’, ‘Kapan mau keluar dari pekerjaan?’, dan lainnya. Hampir seratus karya buku ditorehnya selama duapuluhun terakhir sejak dia menggeluti dunia tulis menulis. Bahkan sebelas diantaranya, diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan Melayu telah terbit dan beredar di negeri jiran. Di antara bukunya yang terkenal berjudul Monyet Aja Bisa Cari Duit. Sosoknya juga dikenal sebagai seorang konsultan bisnis, wirausahawan dan yang paling kerap mengemuka adalah sebagai inspirator dan motivator, khususnya di bidang entrepreneurship. Tidak terhitung pendengarnya di Trijaya FM Jakarta yang selalu menanti celotehnya yang cukup ‘meneror’ bagi setiap orang yang masih terjebak dalam kebekuan dan keengganan merubah diri untuk lebih baik. Tidak hanya itu, pendiri dan Rektor di Institut Kemandirian pada tahun 2005-2011, telah menginspirasi orang untuk menemukan otensitas dirinya sebagai manusia yang berharga dan bermakna.

USTADZ ABU FITHRAN (materi: “Goal setting dan kekuatan keyakinan)
Instruktur pelatihan mengemudi kelahiran Jakarta namun tinggal di Bogor ini merupakan juga seorang pengusaha rental mobil di Yogyakarta. Karakter sabar dan tekunnya, serta kedalaman ilmu agamanya dapat menular kepada para peserta didikannya, sehingga memiliki keyakinan yang besar untuk dapat lulus pelatihan mengemudi dan memiliki jiwa kewirausahaan.

MOHAMAD IHSANUR (materi: “Persaingan dan etika bisnis”)
Pengusaha pemilik Sop Durian Durio yang telah memiliki 80 cabang hanya dalam 1 tahun ini merupakan juga praktisi teknologi dan mesin pangan dengan nama usaha Foodconindo. Lulusan IPB jurusan teknologi agroindustri ini juga sering mengisi training-training kewirausahaan, kemasan, dan teknologi pangan untuk Dinas Perdagangan dan Perindustrian Depok dan berbagai perusahaan terkemuka seperti Sucofindo.

PANJI SURYA (materi: “Pelayanan prima (service excellent)”)
Pendiri dan master trainer Great Seven Learning Center tahun 2010 – sekarang yang telah mengisi training bagi lebih dari 5000 peserta. Alumni STMIK Raharja ini telah menulis buku, di antaranya Opera Zaman – Kumpulan Cerpen Petualangan (2006), Satu Rindu – Novel (2009), dan The Great Seven: 7 Pondasi Pengantar Manusia Mengenal Dirinya, Mengenal Rabb-Nya (2012).

IR. ABDUL BASITH ACHMAD, MSC (materi: “Kreativitas dan peluang usaha”)
Dijuluki sebagai Sang Profesor Pendobrak (Box Breaker). Beliau adalah trainer dan pembicara nasional yang telah melatih keliling Indonesia dan melatih puluhan ribu peserta dari multi kalangan dan audiens sejak tahun 1995. Pendiri Institut Kemandirian ini juga merupakan penerima rekor MURI dan dinobatkan sebagai pembicara dengan jumlah audiens terbanyak, 17.525 peserta yang berlangsung di Istora Senayan Jakarta pada 25 September 2010. Penulis banyak buku motivasi, di antaranya berjudul Hidup Makmur dan Bermakna Pilihan Anda (2002), Berani Sukses (2003), Refuse to Lose (2005), Grafik-grafik Kehidupan (2005), Box Breaker (Pendobrak Kotak) (2006).

YUSEF J. HILMI (materi: “Menghadapi dan memecahkan masalah”)
Mantan Manager Program dan Pelatihan Institut Kemandirian ini meraih pendidikan S-2 nya di program Magister Manajemen UGM Yogjakarta pada tahun 2002. Sejak saat itu ia menemukan media aktualisasi yang disukainya, yaitu bergerak di bidang pelatihan motivasi. Karena itu, sejak awal tahun 2006, Ia memutuskan untuk melepaskan statusnya sebagai PNS yang telah digelutinya selama 21 tahun dan membuktikannya sebagai pribadi yang mandiri dengan memberikan ilmu dan pengalamannya terhadap orang-orang yang membutuhkan. Sejak saat itulah, Ia mulai fokus di bidang pelatihan, dengan spesialisasi pemberdayaan diri. Selama sepuluh tahun terakhir, Ia mengembangkan materi di bidang Self Improvement, Entrepreneurship, Smart Parenting, Smart Learning dan Spiritual Emotional Power. Saat ini sang trainer Mindset Motivator ini memimpin lembaga training LIGENSIA Learning Center.

SUPARDI LEE (materi: “Sales dan marketing”)
Pendiri Institut Kemandirian bersama Bang Jaya Teroris ini merupakan pengusaha lele sangkuriang yang sukses. Beliau merupakan narasumber acara Mutiara Pagi The Power of Life di Radio Trijaya 104,6 FM yang berisi motivasi wirausaha. Saat ini beliau aktif sebagai motivator dan Direktur Character Building Indonesia. Buku-bukunya diantaranya The Rich Plan: Setiap Orang Berhak Kaya (2007), dan ½ Karyawan, ½ Bos: 33 Jurus Sukses Berbisnis Kala Masih Bekerja (2011).

PROSPEK

Marshall Sylver, dalam bukunya Passion, Profit & Power (1995) membeberkan sebuah fakta menarik: ternyata, 90% dari uang yang beredar di dunia dikuasai oleh hanya 5% orang. Hal itu berarti 95% orang lainnya berebut untuk mendapatkan 10%. Sudah bisa ditebak bahwa dari orang yang 5% tersebut adalah orang-orang yang terlibat dalam dunia kewirausahaan, baik sebagai pengusaha maupun investor. Semakin jelaslah bahwa roda perekonomian dunia digerakkan oleh mereka yang menjadi wirausahawan. Sungguh, akan semakin luar biasa jika mayoritas dari mereka adalah muslim.

POTENSI PENGHASILAN

Tak terbatas

SUBSIDI BIAYA PELATIHAN

Rp 250.000 per peserta (tidak termasuk makan dan asrama)

Subsidi biaya pelatihan ini 100% berasal dari dana zakat Dompet Dhuafa

BIAYA PELATIHAN YANG DIBAYAR

GRATIS

[button link=”http://institutkemandirian.org/tentang-kami/program/program-reguler-2/” bgcolor=”#6b6b6b” textcolor=”#ffffff” radius=”10″ align=”right”]Kembali ke Halaman Program Reguler[/button]