DSCN1103

Alhamdulillah… setelah beberapa waktu yg lalu Institut Kemandirian Dompet Dhuafa Jateng mengadakan pelatihan teknisi Handphone gratis, maka pada hari selasa tanggal 17 Desember 2013 pelatihan Desain grafis gratis kembali dibuka. Bertempat di Training room kantor Dompet Dhuafa Jawa Tengah pembukaan pelatihan dibuka secara resmi oleh Bapak Fadillah Rachman selaku Branch Manager Dompet Dhuafa Jateng. Peserta pelatihan terlihat sangat antusias untuk mengikuti pelatihan tersebut. Hal ini bisa dilihat dari kehadiran siswa yang ontime, mereka datang beberapa menit lebih awal dari acara pembukaan dijadwalkan  yaitu pukul 08.00 WIB. Setelah acara pembukaan pelatihan selesai, pada hari itu juga pelatihan hari pertama dimulai. Pelatihan insya Allah akan berlangsung sampai 2 bulan ke depan. Materi pelatihan terdiri dari Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan E-Commerse.

DSCN1110

Ada yang istimewa dari para peserta pelatihan kali ini. Diantara para peserta ada seorang pemuda difable yang duduk di kursi roda. Pemuda itu adalah Ario Risnadi. Beliau tidak mampu lagi berjalan diatas kedua kakinya semenjak mengalami kecelakaan lalu lintas sekitar 11 tahun yang lalu yang mengakibatkan sebagian tulangnya lumpuh. Setelah selama kurang lebih dua tahun menghabiskan hari-harinya hanya dengan berbaring di tempat tidur, akhirnya dia bisa bangkit meskipun harus rela menjalani sisa hidupnya di kursi roda. Semangatnya sungguh luar biasa.  “Motivasi saya untuk ikut pelatihan desain grafis ini adalah karena saya ingin jadi wirausaha, saya ingin mandiri, dan menambah ilmu”, jawab pemuda yg lebih suka dipanggil Yoyok ini ketika kami menanyakan motivasinya untuk mengikuti pelatihan.  Lain lagi cerita dari Nur Imam Santoso “saya hanya sampai kelas dua SMP karena dulu saya lebih suka bongkar-bongkar sepeda motor(otomotif) daripada sekolah, tapi saya ingin buktikan kepada kedua orang tua saya dan juga kepada semua orang bahwa saya juga bisa seperti yang lain, saya bisa mandiri, dan  mempunyai skill yang lebih dibandingkan mereka yang berpendidikan tinggi. Maka dari itu saya rajin mengikuti berbagai pelatihan setiap kali ada kesempatan, salah satu diantaranya adalah pelatihan desain grafis ini”.

DSCN1107

Antusiasme peserta juga terlihat dari suasana kelas yang aktif. Tak segan-segan para peserta bertanya jika sekiranya ada materi yang belum paham. Bahkan ketika kelas usai ada peserta yang ingin jam belajarnya ditambah.

Ada juga satu cerita lucu di hari pertama kelas dimulai, yaitu ketika saya memperkenalkan istilah nirmana dwi matra dan nirmana tri matra saat memberikan materi Pengantar Desain Grafis. Tiba-tiba salah satu peserta ada yang nyeletuk “istilahnya bagus, harus saya catat. Siapa tahu bisa jadi nama buat anak saya kelak”, katanya sambil mencatat dua istilah tersebut di bukunya.

Semoga pelatihan desain grafis ini bisa menjadi salah satu jalan yang bisa mendorong terjadinya Gelombang Kemandirian di propinsi Jawa Tengah, dan Jawa Tengah yang berdaya bisa terwujud dan tentunya diikuti dengan daerah-daerah lainnya sehingga Indonesia yang berdaya akan segera menjadi kenyataan. Amin

 

Salam kreatif dari Semarang!

 

Eti Suratmi,S.Kom

Instruktur IT Program Pelatihan Diklat Exhouse Institut Kemandirian Dompet Dhuafa

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit