Tugu_selamat_datang_dikota_depok

(Oleh : Dudung Badrujaman*)

(26/08/13) Siang itu udara cukup panas. Tapi tidak membuat kami (saya dan pak Arief Rachman) mengurungkan niat pergi ke kota  Depok untuk bertemu dengan mitra pelatihan kami di kelurahan beji depok. Kota yang di kenal dengan julukan kota belimbing(starfruit) ini adalah kota terakhir yang akan kami garap dalam pelatihan keterampilan bagi para dhuafa dan pengangguran di wilayah JABODETABEK yang bernaung dalam program Pemuda Tangguh kerjasama Institut Kemandirian Dompet Dhuafa dan PT Prudential Life Assurance. Dengan menggunakan angkutan umum kami mulai perjalanan ke tempat yang kami tuju yaitu kelurahan Beji.

Pukul 16.30 kami sudah sampai di kelurahan beji, tapi karena waktu dinas kelurahan sudah selesai, akhirnya kami di arahkan oleh bu Popon (Ketua PKK Kelurahan Beji yang juga mitra pelatihan di Beji) untuk datang ke rumahnya di daerah Kemiri. Pake ojek atau becak juga bisa katanya untuk sampai disana. Kami coba untuk merasakan suasana baru menggunakan becak, belum juga 1 kilo meter kami berjalan ternyata jalan yang akan kami lewati sedang di perbaiki. Perbaikan jalan dengan cor menjadi penghambat perjalanan kami akhirnya setelah diskusi dengan abang becak kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.  Cukup jauh memang, namun tidak terasa. Suasana perkampungan yang bersih dan rapi membuat kami nyaman berjalan. Ditambah sikap ramah dari penduduk disana membuat kami betah lama-lama berjalan. Kesadaran akan kebersihan yang di dukung juga oleh peran serta pemerintah membuat kelurahan ini menjadi keluarahan yang asri.

Pukul 17.00 kami sudah tiba di rumah bu Popon. Bu lurah ini menyambut kami dengan sangat baik dan setelah ngobrol ngobrol banyak tentang rencana pelatihan di kelurahan ini bu lurahpun menyambut dengan antusias dan siap mengerahkan kader di kelurahannya untuk mensosialisasikan program ini ke masyarakat agar informasi ini bisa sampai ke mereka terutama yang nganggur. Ada dua jenis pelatihan yang akan kami laksanakan di Depok ini yaitu pelatihan Teknisi Handphone dan Pelatihan Tata Boga. Pelatihan Teknisi Handphone akan dilaksanakan selama 15 hari dan Tata boga akan dilaksanakan selama lima hari.

Pukul 18.00 kami sudah ada di terminal depok untuk kembali ke kampung halaman. Tindak lanjut program ini akan kita agendakan hari senin tanggal 2 September 2013 di kantor kelurahan Beji, dengan agenda wawancara dengan calon peserta pelatihan. Banyak kenangan yang menarik selama perjalanan hari ini, kedepan akan banyak lagi pengalaman menarik lainnya tentang pemberdayaan di Kota ini. Tunggu catatan perjalanan berikutnya ya…   ^_^

 

 

*) Pendamping Diklat Exhouse Prudential

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit